Selasa, 02 April 2013

Dimanakah Letak Pulau Flores?

Hai orang Indonesia.... Rekan-rekanku sebangsa dan setanah air*_*

Hari ini saya mau menulis tentang sebuah Pulau tempat aku dilahirkan, namanya Pulau Flores. Pulau yang keindahannya luar biasa, tapi tahukan anda dimana letak Flores...? Masih Di wilayah Indonesia lho... *_*

Saya yakin, pasti tidak banyak yang tahu tentang Pulau Flores. Nah saya punya cerita tentang ketidaktahuan orang-orang Indonesia secara khusus akan keberadaan Pulau Flores. Ini terjadi saat Perkenalan dengan sesamaku setanah air tercinta ini, sesama Warga Negara Indonesia. 

Sebelumnya saya perkenalkan diri dulu, saya orang Flores, asli, dan merantau di Pulau Jawa, tepatnya di Jakarta. Disini saya bertemu banyak orang dan kebanyakan dari mereka adalah orang-orang pemilik Pulau Jawa. Di awal pertemuan, pasti berkenalan. Nah disaat-saat seperti ini, PERKENALAN, saya paling malas. Bukan karena tidak mau mengenal orang baru, tapi karena malas meladeni ribuan pertanyaan mereka  . . . 

Seperti biasa, setiap perkenalan pasti ada pertanyaan "dari mana asalnya?" atau "asli mana?".  Lalu saya pasti menjawab "saya orang Flores". Ini adalah bagian perkenalan yang rumit, ruwet.... Karena setelah jawaban singkat itu, lawan bicara pasti tampak kebingungan dan melemparkan ribuan pertanyaan yang buat saya pengen kabur secepatnya.. hihiii

"Flores...??"
"Itu dimana yaaa?"
"Di Papua yaa?"
"Waaahh Flores, di Timur ya??"
"Jauh banget yaaa... Flores di luar negeri bukan, Timor Leste yaa?
"Koq bisa sampe sini?... Dari sana Naek apa? Ada Pesawat gak disana?

Seperti itulah rentetan pertanyaan yang buat saya kesal, sakit hati, sebel, campur aduk. Jujur ini bukan perasaan yang kesel karena Pulau tercinta saya tidak dikenal orang. BUKAN. Sekali lagi BUKAN. Saya kesal karena mereka bisa diluluskan Sekolah Dasar padahal sebenarnya pengetahuan dasar mereka tentang Peta Indonesia saja masih NOL BESAR. Yah saya bilang begini... karena ada buktinya. Rentetan pertanyaan mereka saja sudah jelas-jelas terlihat knowledgenya. Dan yang membuat saya shock hebat adalah yang bertanya seperti itu bukan hanya teman-teman kuliah, tapi Dosen bahkan Manager saya di Kantor pun sama. Sama tidak tau nya.

Buat saya ini rekor luar biasa yah. hahahaa... Lucu saja. Dulu waktu sekolah dasar saya belajar banyak tentang peta buta sampai di suruh menjawab dimana letak Buton, Singkep, Seumelu, Monas, sampai Lubang Buaya, melewati selat Karimata hingga tercebur ke kepundan Krakatau, itu saya hafal pagi siang malam, bahkan ujiannya pun disuruh menggambar Peta Indonesia komplit dengan pulau-pulau kecilnya, tapi bagaimana mereka.... Oh Miris *geleng-geleng kepala*. 

Ah...lupakan saja. Saya meneruskan tulisan saya tentang Pulau Flores. Semoga bagi yang belum tau, bisa segera mengetahuinya lewat tulisan ini. ^-^

Dimanakah Letak Pulau Flores?
Kotak Orange itu adalah Kepulauan Nusa Tenggara
Pulau Flores merupakan salah satu dari ribuan Kepulauan Kecil Indonesia. Perhatikan dengan seksama gambar peta diatas. Peta kecil-kecil di dalam kotak orange itu adalah Kepulauan Nusa Tenggara. Nah Pulau Flores termasuk didalamnya, karena Pulau Flores adalah bagian dari wilayah Kepulauan Nusa Tenggara. Sebutan Nusa Tenggara itu baru digunakan pada Tahun 1954, sebelumnya wilayah ini disebut Sunda Kecil

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara terletak di sebelah timur Pulau Jawa dan Bali.  Nusa Tenggara meliputi :
  1. Nusa Tenggara Barat  (NTB), meliputi Pulau Lombok dan Sumbawa (warna ungu di Peta)
  2. Nusa Tenggara Timur (NTT), meliputi tiga pulau yaitu Flores Sumba, dan Timor (warna hijau
Lihat gambar di atas, Peta warna biru adalah wilayah Timor Leste, Kota Dili. Timor Leste itu berbatasan dengan Pulau Timor. And Just Info daerah perbatasan itu jadi tempat syuting Film Tanah Air Beta lho. Yang sudah nonton Filmnya pasti tau ^-^

Hhmmmm jadi sudah tahukan dimana Letak Pulau Flores? Tidak sulitkan menemukan Pulau Flores?
Next time saya akan menulis lebih spesifik tentang Pulau Flores, kali ini fokus tulisan saya tentang Letak Flores saja dulu.... Ok See U next time,.

Salam Nusantara ^-^



1 komentar:

munira mengatakan...

jika naik pesawat turun nya di mana ya??

Posting Komentar