Kamis, 04 April 2013

The Real Identity


Menyatu bersama budaya, bukan berarti kuno tetapi justru menjadi manusia yang memiliki the real identity.^-^ Mengapa memiliki the real identity? Jawabannya adalah karena identitas nyata seseorang itu melekat dalam budaya daerahnya. 

Ditengah perkembangan zaman yang semakin pesat ini, kita masih perlu menyatu dengan budaya kita agar identitas kita tetap hidup, tidak punah hanya karena ingin dibilang manusia modern. Budaya daerah adalah sesuatu yang tetap, tidak berubah. Berbeda dengan perkembangan zaman, yang selalu berubah-ubah setiap waktu. Dari masa ke masa tingkat perkembangannya berbeda-beda, modernisasi abad ke 20  berbeda dan abad ke 21 . Dan sangat tidak logis jika kemodern'an menjadi patokan identitas seseorang, karena identitas nyata itu seharusnya tidak berubah-ubah.

Saya bangga menjadi orang Flores. Buat saya Flores itu eksotik sekali...yang buat saya semakin cinta. yaaahh saya selalu bilang begitu di setiap postingan saya tentang Flores.^-^ Mungkin ini efek rindu pulkam alias pulang kampung.....hehehehehe

Saya bersama rekan-rekan Sanggar Flobamora
Saya suka mengikuti kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan budaya, khususnya budaya Flores. Bergabung dengan sanggar Tari, namanya Sanggar Flobamora. Biasanya membawakan Tarian Hegong, tarian dari Maumere. Postingan saya sebelumnya tentang Tarian Hegong, bisa dilihat disini

Saat ini saya sedang aktif bersama rekan-rekan lainnya yang tergabung dalam Team Tenun Ikat  Flores di Jakarta. Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan yang menarik bagi saya. Mengingat saat ini tenun ikat lagi heboh sekali di Indonesia bahkan luar negeri. 

Alfonsa Horeng bersama Anne Avantie
Dan bangga sekali karena tenun ikat Flores pun menduduki peringkat yang tinggi dalam dunia fashion saat ini. Dan ini semua berkat Sang Budayawati,Alfonsa Horeng, asal Maumere. Seorang yang sangat berjasa bagi Pulau Flores, karena berkat beliau dunia bisa mengetahui keunikan lain dari Pulau Flores yang selama ini belum dikenal banyak orang. 

Khusus di Jakarta kegiatan tenun ikat ini sering diadakan di Jakarta Convention Centre, Senayan, dan di Museum Textile Jakarta. 


Bersama Team Tenun Ikat Flores
Flores dan budayanya adalah the real identity bagi saya. Bagaimana dengan anda? ^-^

0 komentar:

Posting Komentar